Hermansyah Jadi Ketua Panitia Penetapan Kampung Mufti di Rengat

Hermansyah Jadi Ketua Panitia Penetapan Kampung Mufti di Rengat

Ketua Panitia Penetapan Kampung Mufti di Rengat, Hermansyah SE

INHU, PesonaIndragiri.com - Sejumlah tokoh dan unsur pemerintahan terlihat ramai Senin (12/06/2023) hadir di desa Rantau Mapesai Kecamatan Rengat, kegiatan tersebut ramai dihadiri karena adanya penetapan "Kampung Mufti" sekaligus Haul Mufti Indragiri Sayyidil Habib Ali Bin Abdullah Alaydrus.

Berdasarkan tarikh catatan sejarah, Al Habib Ali bin Abdullah Alaydrus masuk ke Indragiri lebih kurang berumur 21 tahun pada zaman Sultan Mun Bungsu di abad ke 19. Habib Ali di Indragiri menduduki jabatan Mufti (penasehat keagamaan,red) Kesultanan Indragiri.

Di Indragiri, Habib Ali tinggal di Danau Pasir sembilan yang saat ini menjadi dua wilayah yaitu Keluaran Kampung Besar Seberang dan desa Rantau Mapesai, di Istana kerajaan Indragiri, Habib Ali juga menjadi penasehat Sultan Mun di Kerajaan Indragiri tentang agama Islam untuk masyarakat Indragiri berdasarkan syariat dan hukum agama Islam.

Hermansyah SE inilah menjadi ketua panitia yang bertungkus lumus dalam mempersiapkan kegiatan penetapan Keluaran Kampung Besar Seberang dan desa Rantau Mapesai Kecamatan Rengat sebagai kampung Mufti dan peringatan Haul Mufti Indragiri Sayyidil Habib Ali Bin Abdullah Alaydrus.

"Alhamdulillah, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan semua pihak dan suport dari Pemda Inhu," kata ketua panitia Hermansyah SE berbincang dengan wartawan usai kegiatan.

Disampaikan Hermansyah, dalam pemerintahan Kerajaan Indragiri nuansa keIslaman dalam bersyariat itu sangat kental sekali. Sehingga tercipta negeri yang damai dan sejahtera, serta istana kerajaan menjadi pusat pengembangan intelektual Islam atas perlindungan resmi penguasa. Maka adat Melayu Indragiri bersemboyan 'Adat bersandikan syarak, dan syarak bersandikan Kitabullah' menjadi jati diri Indragiri.

Al Habib Ali bin Abdullah Alaydrus sangat bermartabat dalam kehidupan bersama Sultan dan elit kerajaan lainnya. Beliau wafat  diperkirakan berumur kurang lebih 91 Tahun. dan dimakamkan di Kampung Danau Pasir Sembilan, sekarang Kelurahan Kampung Besar Seberang.

Peresmian Kampung Mufti dan Haul Mufti Indragiri Sayyidil Habib Ali Bin Abdullah Alaydrus, tampak dihadiri Sekda Inhu Ir H Hendrizal MSi, ketua MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri H R Marjohan Yusuf di desa Rantau Mapesai.

Kemudian hadir juga Kapolres Inhu AKBP Dody Wijaya SIK, Dadim 0302 Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos MlP, staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum Achmad Syukur SSos MM, Al Habib Taufik Assegaf, Buya Dr Arrazy Hasyim, MA Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pimpinan pondok Pesantren di Inhu.

Dalam sambutannya Sekda Inhu Ir H Hendrizal MSi mewakili Bupati Inhu Rezita Maylani SE menyampaikan, bahwa Kampung Mufti Indragiri ini berasal dari masyarakat yang datang menjumpai Pemkab Inhu dan ingin membentuk Kampung Mufti sebagai pelaku sejarah umat Islam, usulan masyarakat direspon dan mendapatkan apresiasi dari Pemkab Inhu.

Selain di Rantau Mapesai situs serupa ini juga ada di Masjid Raya Rengat, di desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat  serta diberbagai tempat lainnya di Inhu seperti Japura, dan di beberapa wilayah lainnya di Kab. Inhu

"Bagaimana nanti perjalanan situs-situs ini dapat kita kembangkan sesuai dengan visi dan misi Bupati untuk melestarikan Budaya dan Pariwisata,"jelas Sekda Hendrizal

Selanjutnya Sekda Hendrizal menyampaikan juga tentang jemaah haji Kab. Inhu sudah berada di Mekah Mukarramah, mari kita sama sama berdoa semoga Allah SWT melindungi para jemaah haji kab. Inhu khususnya dan jemaah haji Indonesia pada umumnya,dan menjadi haji yang mabrur.

Diakhiri acara peresmian Kampung Mufti diisi tausiah oleh Abuya Dr Arrazy Hasyim MA dari Pekanbaru. **